Pengaruh Konsentrasi pada Laju Reaksi

         Blog KoKim - Untuk beberapa reaksi baik reaksi dalam fasa gas, cair ataupun padat kenaikan konsentrasi meningkatkan laju reaksi. Pada artikel ini kita akan membahas materi Pengaruh Konsentrasi pada Laju Reaksi. Contoh reaksi antara asam klorida yang ditambahkan pada natrium tiosulfat, endapan kuning terbentuk yang menunjukkan pembentukkan belerang.
$ Na_2S_2O_3(aq) + 2 HCl(aq) \rightarrow 2 NaCl(aq) + H_2O(l) + S(s) + SO_2(g) $

         Jika larutan natrium tiosulfat dibuat semakin encer, pembentukkan endapan semakin membutuhkan waktu yang lama. Dengan asumsi bahwa reaksi terjadi antara dua partikel karena terjadinya tumbukan, tumbukan yang menghasilkan reaksi disebut tumbukan efektif. Ini berlaku untuk reaksi pada fasa apapun, baik untuk fasa gas, cair atau pun padat. Jika konsentrasi tinggi maka kemungkinan terjadinya tumbukan semakin banyak.

         Anggaplah pada suatu waktu kalian punya satu juta partikel yang memiliki cukup energi untuk mengatasi energi aktivasinya sehingga dapat bereaksi, atau E > E$_a$. Jika kamu punya 100 juta maka akan bereaksi 100 juta, maka hasil reaksi biasanya mengikuti kelipatan zat pereaksi yang ditambahkan.
Gambar: pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi

       Demikian pembahasan materi Pengaruh Konsentrasi pada Laju Reaksi . Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan Pengaruh Katalis pada Laju Reaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.