Kimia Unsur

         Blog KoKim - Sampai saat ini, lebih dari seratus macam unsur sudah dikenal dan diidentifikasi sifat-sifat dan manfaatnya, baik dalam bentuk unsur bebas maupun dalam bentuk senyawanya. Sifat-sifat unsur yang mirip digolongkan ke dalam satu golongan dalam sistem periodik. Pengetahuan akan sifat-sifat unsur dapat digunakan untuk berbagai aplikasi yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungannya. Artikel yang akan kita bahas adalah kimia unsur.

         Jumlah unsur yang dikenal manusia sampai saat ini telah berjumlah 118 unsur dan setiap unsur tersebut mempunyai sifat-sifat yang berbeda antara unsur satu dengan unsur yang lain. Dapatkah Anda bayangkan berapa banyak senyawa yang dapat terbentuk dari 118 unsur tersebut, baik secara alami maupun secara sintetis? Mengapa kelimpahan oksigen menduduki peringkat pertama di kulit bumi? Tahukah teman-teman bahwa seorang ilmuwan Inggris yang bernama J. B. Leitz telah menghitung kemungkinan banyaknya senyawa yang terbentuk dari atom-atom dalam molekul sederhana, seperti protein (protein tersusun atas lima unsur utama, yaitu karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, dan belerang) dan dia mendapatkan angka yang fantastis, yaitu jumlahnya mencapai 10$^{48}$ buah.

         Alam dapat menyediakan berbagai macam unsur-unsur kimia untuk digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Belerang merupakan salah satu unsur kimia yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bahan baku pembuatan sabun mandi. Tembaga digunakan sebagai kawat listrik, aluminium digunakan sebagai alat-alat rumah tangga, fluorida untuk pasta gigi, natrium untuk kembang api, neon untuk lampu penerangan, dan masih banyak unsur-unsur lainnya.
Gambar: sabun mandi belerang

         Unsur-unsur dalam sifat periodik yang sudah pernah kita pelajari terdapat golongan utama yaitu golongan IA sampai VIIIA dan unsur golongan transisi yaitu golongan IB sampai VIIIB. Hampir semua industri kimia bahkan industri otomotif melibatkan unsur-unsur golongan utama. Apa sajakah unsur-unsur golongan utama dan golongan transisi tersebut? Bagaimana sifat-sifatnya dan kelimpahannya di alam? Serta apakah manfaat dari unsur-unsur tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Pada artikel-artikel yang terkait dengan kimia unsur ini lah akan kita bahas.

       Demikian pembahasan materi Kimia Unsur Secara Umum dan contoh-contohnya. Teman-teman silahkan mempelajari semua materi yang terkait dengan kimia unsur pada artikel terkait di bawah ini. Kemudian artikel berikutnya yang akan dibahas adalah kelimpahan unsur-unsur di alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.