Sifat-sifat Asam Amino

         Blog KoKim - Pada artikel ini kita akan membahas materi sifat-sifat asam amino. Asam amino mempunyai beberapa sifat, antara lain:
1. Larut dalam air dan pelarut polar lain.
2. Tidak larut dalam pelarut nonpolar, seperti benzena dan dietil eter.
3. Mempunyai titik lebur lebih besar dibanding senyawa karboksilat dan amina.
4. Mempunyai momen dipol besar.
5. Bersifat elektrolit:
a. kurang basa dibanding amina
b. kurang asam dibanding karboksilat

6. Bersifat amfoter
       Karena mempunyai gugus asam dan gugus basa. Jika asam amino direaksikan dengan asam maka asam amino akan menjadi suatu anion, dan sebaliknya jika direaksikan dengan basa maka akan menjadi kation. Pada pH rendah asam amino bersifat asam sedangkan pada pH tinggi asam amino bersifat basa. Perhatikan keseimbangan bentuk asam amino berikut:

7. Dalam larutan dapat membentuk ion zwitter
       Karena asam amino memiliki gugus karboksil (-COOH) yang bersifat asam dan gugus amino (-NH$_2$) yang bersifat basa, maka asam amino dapat mengalami reaksi asam-basa intramolekul membentuk suatu ion dipolar yang disebut ion zwitter.

8. Mempunyai kurva titrasi yang khas.
9. Mempunyai pH isoelektrik, yaitu pH pada saat asam amino tidak bermuatan.
       Di bawah titik isoelektriknya, asam amino bermuatan positif dan sebaliknya di atasnya bermuatan negatif. Perhatikan kurva titrasi dari alanin berikut ini pada berbagai pH:

       Pada kurva tersebut memperlihatkan bahwa pada pH rendah (larutan asam) asam amino berada dalam bentuk ion amonium tersubstitusi dan pada pH tinggi (larutan basa) alanin hadir sebagai ion karboksilat tersubstitusi. Pada pH pertengahan yaitu 6,02, asam amino berada sebagai ion dipolar.

       Jadi secara umum, asam amino dengan satu gugus amino dan satu gugus karboksilat dan tidak ada gugus asam atau basa lain di dalam strukturnya, memiliki dua nilai pKa di sekitar 2 sampai 3 untuk proton yang lepas dari gugus karboksil dan di sekitar 9 sampai 10 untuk proton yang lepas dari ion amonium serta memiliki titik isoelektrik di antara kedua nilai pKa, yaitu sekitar pH 6.

       Demikian pembahasan materi Sifat-sifat Asam Amino. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan asam amino yaitu Reaksi dan kegunaan asam amino.

2 komentar:

  1. gan bagaimn cara dftr adsense?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow @apri.

      Untuk daftar adsens, silahkan cari di google karena dsn caranya lengkap.

      Sy dulu jg googling caranya.

      Semangat berjuang.

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.