Lemak atau Lipid secara umum

         Blog KoKim - Setelah membahas protein dan karbohidrat, kita lanjutkan dengan pembahasan bagian dari materi makromolekul yaitu lemak atau lipid secara umum. Pernahkah kalian makan roti dengan mentega? Apakah bahan yang diperlukan untuk membuat mentega? Mentega termasuk lemak. Senyawa lemak lainnya yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah minyak. Apakah lemak itu? Bagaimana struktur dan tata namanya? Dan apakah kegunaan lemak itu?

         Teman-teman tentu tahu bahwa ada orang yang gemuk dan ada juga orang yang kurus. Gemuk ataupun kurus terkait dengan timbunan lemak di bawah kulit. Lemak sebagai sumber cadangan energi dalam tubuh makhluk hidup.

         Pernahkah kalian mendengar tentang kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi yaitu di atas 280 mg/dL akan beresiko tinggi terhadap penyakit jantung koroner. Kolesterol termasuk dalam lemak. Apakah sebenarnya lemak, bagaimana struktur serta sifat dan kegunaannya? Marilah kita pelajari lebih lanjut mengenai lemak agar lebih jelas.

         Asam lemak adalah asam organik yang terdapat sebagai ester trigliserida atau lemak, baik yang berasal dari hewan atau tumbuhan. Asam ini adalah asam karboksilat. Lemak merupakan zat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain itu lemak juga merupakan sumber energi yang lebih efektif dibanding dengan karbohidrat dan protein. Satu gram lemak dapat menghasilkan 9 kkal/gram, sedangkan karbohidrat dan protein hanya menghasilkan 4 kkal/gram.

         Lemak termasuk golongan biokimia yang dikenal sebagai lipid. Istilah lemak mengacu pada lipid yang berupa padatan pada suhu ruang, sedangkan istilah minyak mengacu pada lipid yang tetap berupa cairan pada suhu ruang.

Yang akan dibahas pada artikel mengenai lemak atau lipid antara lain:
*). Struktur lemak
*). Tatanama pada lemak
*). Sifat-sifat lemak
*). Senayawa lipid dan kegunaannya.

       Demikian pembahasan materi Persamaan Garis Singgung pada Kurva Menggunakan Turunan dan contoh-contohnya. Untuk mempelajari materi lemak atu lipid lebih terperinci, silahkan ikuti link masing-masing pada submateri di atas. Semoga materi ini bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.