Sifat-sifat Sinar Radioaktif

         Blog KoKim - Pada artikel ini kita akan membahas materi Sifat-sifat Sinar Radioaktif. Adapun sifat-sifat dari sinar alfa ($\alpha$), beta ($\beta$), dan gamma ($\gamma$) adalah sebagai berikut.

1. Sinar Alfa ($\alpha$)
       Radiasi ini terdiri dari seberkas sinar partikel alfa. Radiasi alfa terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan positif dengan muatan +2 dan massa atomnya 4. Partikel ini dianggap sebagai inti helium karena mirip dengan inti atom helium ($_2^4$He). Sewaktu menembus zat, sinar $\alpha$ menghasilkan sejumlah besar ion. Oleh karena bermuatan positif partikel $\alpha$ dibelokkan oleh medan magnet maupun medan listrik. Partikel $\alpha$ memiliki daya tembus yang rendah. Partikel-partikel alfa bergerak dengan kecepatan antara 2.000 - 20.000 mil per detik, atau 1 - 10 persen kecepatan cahaya. Produksi partikela oleh inti radioaktif dapat digambarkan oleh suatu persamaan inti, dengan reaksi seperti berikut.
$ \begin{align} _{\, \, 92}^{238}U \rightarrow \, \, _{\, \, 90}^{234}Th + _2^4He \end{align} $

2. Sinar Beta ($\beta$)
       Berkas sinar $\beta$ terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan negatif dan partikel $\beta$ identik dengan electron ($_{-1}^{\, \, \, 0}$e). Sinar beta mempunyai daya tembus yang lebih besar tetapi daya pengionnya lebih kecil dibandingkan sinar $\alpha$ . Berkas ini dapat menembus kertas aluminium setebal 2 hingga 3 mm.

       Partikel beta juga dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet , tetapi arahnya berlawanan dari partikel alfa. Selain itu partikel $\beta$ mengalami pembelokan yang lebih besar dibandingkan partikel $\alpha$ dalam medan listrik maupun dalam medan magnet. Hal itu terjadi karena partikel $\beta$ mempunyai massa yang jauh lebih ringan dibandingkan partikel $\alpha$ . Produksi partikel $\beta$ oleh inti radioaktif dapat digambarkan oleh suatu persamaan inti dengan reaksi seperti berikut:
$ \begin{align} _{\, \, 90}^{234}Th \rightarrow \, \, _{\, \, 91}^{234}Pa + _{-1}^{\, \, \, 0}e \end{align} $

3. Sinar Gamma ($\gamma$)
       Beberapa proses peluruhan radioaktif yang memancarkan partikel $\alpha$ atau $\beta$ menyebabkan inti berada dalam keadaan energetik, sehingga inti selanjutnya kehilangan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik yaitu sinar gamma ($\gamma$). Sinar $\gamma$ mempunyai daya tembus besar dan berkas sinar ini tidak dibelokkan oleh medan listrik maupun medan magnet. Sinar $\gamma$ mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek. Perhatikan gambar berikut ini:
Gambar: daya tembus sinar radioaktif

Gambar: Sinar radioaktif diuraikan oleh medan magnet

Jadi, dapat disimpulkan bahwa:
*). berdasarkan daya tembusnya: $\alpha < \beta < \gamma $ , dan
*). sinar $\alpha$ bermuatan positif sehingga dalam medan listrik dibelokkan ke kutub negatif, sedangkan sinar $\beta$ bermuatan negatif sehingga dibelokkan ke kutub positif, serta sinar $\gamma$ tidak dibelokkan oleh medan magnet karena tidak bermuatan.

Selain ketiga sinar di atas, juga terdapat partikel dasar unsur radioaktif. Perhatikan tabel berikut ini:

       Demikian pembahasan materi Sifat-sifat Sinar Radioaktif dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan Sifat Fisika dan Kimia Unsur Radioaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.