Polimer Alam

         Blog KoKim - Polimer alam terjadi secara alamiah. Contohnya amilum, selulosa, karet, wol, karbohidrat dan protein. Mari kita pelajari beberapa polimer alam berupa karet. Karet alam merupakan polimer adisi alam yang paling penting. Karet disadap dari pohon karet dalam bentuk suspensi di dalam air yang disebut lateks. Karet banyak dikembangkan di Pulau Jawa dan Sumatra.

         Karet adalah polimer alam yang memperlihatkan daya pegas atau kemampuan meregang dan kembali ke keadaan semula dengan cepat. Karet digunakan sebagai perekat, ban mobil, barang mainan, dan sebagainya. Contoh selain karet alam juga terdapat karet sintesis seperti nitril, silikon, dan polibutadiena.

         Karet alam adalah polimer isoprena. Lateks atau karet alam bersifat lunak atau lembek dan lengket jika dipanaskan. Kekuatan rantai dalam elastomer (karet) terbatas, akibat adanya struktur jaringan, tetapi energi kohesi harus rendah untuk memungkinkan peregangan. Contoh elastomer lain yang banyak digunakan adalah polivinil klorida, dan polimer stirena-butadiena-stirena (SBS).
Gambar polimer isoprene dalam karet alam
Sumber: Indonesia Heritage,2002.

         Tahukah kalian? Polimer vinil klorida atau disebut polivinil klorida (PVC) adalah bahan serbaguna. Tak ada bukti bahwa polimer ini bersifat racun, tetapi monomernya (vinil klorida, CH$_2$ = CHCl) bersifat karsinogen dalam tubuh manusia. Vinil klorida dapat menimbulkan kanker, cacat lahir dan juga mematikan hewan percobaan.

         Saat ini, kantor perlindungan lingkungan di Amerika dan pabrik plastik membuat kebijakan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi para buruh dari efek vinil klorida dan memastikan tidak ada runutan monomer tersebut yang terkurung dalam produk jadi polivinil klorida. Vinil klorida di Amerika diproduksi sekitar 3,5 milyar kilogram pertahun. Produksi vinil klorida kalah dari propilena, suatu monomer untuk membuat plastik.

       Demikian pembahasan materi Polimer Alam dan contoh-contohnya. Semoga materi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan polimer dengan melihat submaterinya pada artikel "polimer secara umum".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.