Tatanama Senyawa Alkuna

         Blog KoKim - Sebelumnya kita telah mempelajari materi tatanama senyawa alkana dan tatanama senyawa alkena. Pada artikel ini kita lanjutkan dengan pembahasan materi Tatanama Senyawa Alkuna. Alkuna adalah senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang mengandung ikatan rangkap tiga (- C = C -). Perhatikan contoh berikut:





       Bagaimana rumus umum alkuna? Masih ingatkah teman-teman dengan senyawa alkadiena? Perhatikan rumus struktur senyawa-senyawa di bawah ini!




       Bagaimana jumlah atom C dan H pada kedua senyawa di atas? Ternyata untuk alkuna dengan jumlah atom C sebanyak 3 memiliki atom H sebanyak 4. Sedangkan untuk alkena dengan jumlah atom C sebanyak 3 memiliki atom H sebanyak 6. Jadi, rumus umum alkuna adalah: $C_nH_{2n-2} \, \, $ dengan $ n $ adalah banyaknya atom C.

         Ikatan kovalen antara C dengan C pada alkana, alkena, dan alkuna ada perbedaan. Pada alkana membentuk ikatan tunggal, alkena ikatan rangkap dua, dan alkuna ikatan rangkap tiga. Oleh karena mempunyai ikatan rangkap tiga, alkuna termasuk senyawa "hidrokarbon tidak jenuh", dengan daya ikatnya terhadap molekul lain lebih tinggi daripada alkena.

Rumus molekul beberapa alkuna dan namanya dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Tatanama Senyawa Hidrokarbon Alkuna
Berikut ini, akan dibahas mengenai Tatanama Senyawa Hidrokarbon Alkuna.
1). Alkuna rantai lurus namanya sama dengan alkana, hanya akhiran "ana" diganti dengan "una".
Contoh:
C$_3$H$_4$ : propuna
C$_5$H$_8$ : pentuna
C$_4$H$_6$ : butuna

2). Alkuna rantai bercabang Urutan penamaan adalah:
a). Memilih rantai induk, yaitu rantai karbon terpanjang yang mengandung ikatan rangkap tiga.
Contoh:

b). Penomoran alkuna dimulai dari salah satu ujung rantai induk, sehingga atom C yang berikatan rangkap tiga mendapat nomor terkecil.
Contoh:

c). Penamaan, dengan urutan:
*). nomor C yang mengikat cabang
*). nama cabang
*). nomor C yang berikatan rangkap tiga
*). nama rantai induk (alkuna)
Contoh:


       Demikian pembahasan materi Tatanama Senyawa Alkuna dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan alkuna yaitu sifat-sifat dan pembuatan alkuna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.