Sifat-sifat Senyawa Aldehid atau Alkanal

         Blog KoKim - Berikut ini adalah sifat-sifat senyawa aldehid atau alkanal. Sifat-sifat senyawa aldehid ini akan dibagi menjadi dua, yaitu sifat fisik dan sifat kimia (reaksi yang terjadi pada senyawa aldehid).

Sifat Fisik Aldehid atau Alkanal
       Aldehid merupakan senyawa polar dan mendidih pada suhu yang lebih tinggi daripada senyawa nonpolar dengan bobot molekul yang sama. Adanya kemampuan membentuk ikatan hidrogen, maka aldehid dengan bobot molekul rendah dapat larut dalam air. Berikut ini tabel beberapa titik didih senyawa aldehid:

       Pada umumnya aldehida berfase cair, kecuali fomaldehid yang berfase gas. Aldehida suku rendah mempunyai bau yang menyengat, sedangkan aldehida suhu tinggi mempunyai bau yang enak sehingga digunakan untuk parfum dan aroma tambahan. Atom hidrogen pada molekul air dapat membentuk ikatan hidrogen dengan oksigen pada gugus karbonil; sehingga kelarutan aldehida hampir sama dengan alkohol dan eter. Formaldehid dan asetaldehid larut dalam air, sejalan dengan bertambahnya rantai karbon, kelarutan dalam air akan turun.

Sifat kimia senyawa aldehid atau alkanal
Aldehid dapat mengalami reaksi-reaksi sebagai berikut:
1). Reaksi Oksidasi
       Aldehid merupakan reduktor kuat, sehingga dapat mereduksi oksidator-oksidator lemah. Aldehid dapat diketahui dengan pereaksi Tollens dan pereaksi Fehling yang merupakan oksidator lemah. Oksidasi aldehid menghasilkan asam karboksilat. Dengan reagen Fehling akan terbentuk endapan merah bata dari Cu$_2$O, sesuai reaksi berikut ini:
Contoh: pada reaksi propanal dengan reagen Fehling
Dengan reagen Tollens akan menghasilkan cermin perak, sesuai reaksi berikut ini:
R - CHO + Ag$_2$O $ \rightarrow $ R - COOH + Ag(s)
Contoh: pada reaksi butanal dengan reagen Tollens

       Pereaksi Fehling merupakan larutan campuran dari larutan CuSO$_4$ 1% (Fehling A) dengan larutan kalium natrium tartrat dalam dalam basa (larutan Fehling B). pereaksi Fehling biasanya ditulis sebagi CuO. Reaksi ini mudah dikenali karena menghasilkan endapan Cu$_2$O berwarna merah bata.

       Pereaksi Tollens merupakan campuran dari AgNO$_3$ dengan NH$_3$ berlebih. Pereaksi ini biasanya ditulis sebagai larutan Ag$_2$O. pada reaksi tersebut akan terbentuk endapan perak seperti pecahan cermin yang lembut sehingga disebut cermin perak.

2). Reaksi Adisi
       Reaksi adisi adalah reaksi pemutusan ikatan rangkap (reaksi penjenuhan). Jika pereaksi yang mengadisi bersifat polar, maka gugus yang lebih positif terikat pada atom oksigen dan gugus negatif terikat pada atom karbon.
*). Adisi Hidrogen

*). Adisi Hidrogen sianida

       Demikian pembahasan materi Sifat-sifat Senyawa Aldehid atau Alkanal dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan senyawa aldehid yaitu pembuatan, kegunaan, dan keisomeran aldehid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.